Categories
Arsip

Masyarakat Diajak Beri Masukan Terkait Seleksi Pimpinan KPK

Jakarta – Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bentuk partisipasi itu berupa memberikan masukan terkait dengan enam calon pimpinan KPK yang akan ikut dalam seleksi wawancara.

“Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi yang terdiri dari MaPPI (Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia), FHUI, YLBI, PSHK, ICW dan ILR mengajak masyarakat untuk berpartisipasi memberi aspirasi dan memilih terkait KPK pada www.aspirasikita.org/ulasan/indeks/Seleksi-Pimpinan-KPK-2014,” kata Dio Ashar, peneliti MAPPI dalam konferensi pers di kantor KPK, Minggu (28/9).

Dalam situs itu, Dio menjelaskan, masyakarat bisa melihat profile enam calon pimpinan KPK . Masyarakat dapat memilih siapa calon yang layak menggantikan posisi Busyro Muqoddas.

Selain memilih, terdapat menu masukan terkait calon pimpinan KPK. Mereka bisa memasukan segala informasi dan data yang dimilikinya terkait calon pimpinan KPK.

Masukan dari masyarakat itu, kata Dio, akan diberikan kepada Panitia Seleksi. Masukan masyarakat dari situs aspirasikita.org itu akan dijadikan bahan yang digunakan oleh panitia seleksi untuk mewawancarai enam calon pimpinan KPK.

Penggunaan situs sebagai media penampung aspirasi masyarakat dipilih karena mudah dan praktis untuk diakses. Terlebih lagi, partisipasi digital tengah menjadi tren dalam gerakan sosial.

Sebanyak enam calon pimpinan KPK berhasil lolos seleksi profile assessment. Keenam orang itu adalah Dr. Jamin Ginting, SH, MH, Dr Muhammad Busyro Muqoddas, SH, M.Hum, I Wayan Sudirta, SH, Ahmad Taufik, SH, Robby Arya Brata, SH, LLM, MPP, Ph.D, dan Subagio, SH, SST, MM, MPA, CFE. Mereka akan mengikuti proses wawancara pada 9 Oktober 2014.

Penulis: Rizky Amelia/LIS

Sumber: http://www.beritasatu.com/hukum/213374-masyarakat-diajak-beri-masukan-terkait-seleksi-pimpinan-kpk.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *