Categories
Arsip

“Melalui Aspirasikita.org, Warga Siap Kawal 9 Janji Jokowi”

Jakarta, 17 Oktober 2014. Jelang pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo, Public Virtue Institute (PVI) meluncurkan portal aspirasikita.org. Sebelumnya, lembaga yang bertujuan untuk menguatkan demokrasi digital dan mengaktifkan partisipasi warga ini, turut menyebarluaskan penggunaan petisi daring (online petition) melalui change.org dan tengah menyiapkan platform berbagi penilaian kinerja politisi: meteranpolitik.org.

Portal ini berfungsi memfasilitasi warga digital untuk menyampaikan aspirasinya, baik berupa usulan atau sekadar menguji gagasan. Selain itu, portal ini juga dapat menginformasikan aspirasi warga yang tengah mengemuka di dunia digital.

“Kami ingin memfasilitasi perdebatan publik menjadi aspirasi yang lebih terukur. Publik yang memilih, membuat lalu menyebarluaskan aspirasinya sendiri. Hasilnya akan menjadi evaluasi bersama dalam memperjuangkan aspirasi tersebut.” kata John Muhammad, Deputi Direktur PVI. Menurut Andaru Pramudito, Manajer IT PVI, “Sampai dengan saat ini, aspirasikita.org sudah digunakan oleh 275 orang dan dikunjungi oleh 1.195 orang.”

Sejak 26 September lalu, Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI) telah menggunakan portal ini sebagai pengukur aspirasi publik untuk seleksi pimpinan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). Partisipasi ini masih berjalan melalui tautan: www.aspirasikita.org/ulasan/index/Seleksi-Pimpinan-KPK-2014. “Hasil sementara, Pak Busyro Muqoddas masih mengungguli (43%) Ahmad Taufik (37%), Robby Arya Brata (8%), Subagio (8%), I Wayan Sudirta (4%) dan Jamin Ginting (0%).” ujar Choky Ramadhan, Koordinator MaPPI.

Sementara, Eryanto Nugroho, Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK), mengajak publik terlibat dalam memperjuangkan hak petisi. “Hak Petisi dapat menjadi salah satu wujud respon positif negara atas terus tumbuhnya partisipasi publik dalam demokrasi di Indonesia”. Fenomena pembelaan publik terhadap KPK atau dukungan atas Pilkada Langsung merupakan sedikit contoh bahwa publik siap berpartisipasi dan akan terus semakin berkembang di masa mendatang.” Melalui tautan www.aspirasikita.org/ulasan/index/Perkuat-Partisipasi-Publik-dengan-Hak-Petisi, Ery mengajak publik untuk berpartisipasi mendukung Hak Petisi.

Selain itu, Resa Temaputra, Manajer Kampanye PVI mengharapkan publik juga turut membangun aspirasinya sendiri untuk 100 hari kepemimpinan Joko Widodo – Jusuf Kalla. “Kita harus menentukan bersama, mana program prioritas yang kita inginkan. Jangan sampai yang diinginkan warga dengan yang diinginkan oleh elit berbeda.” Untuk itu, Resa mengajak publik untuk membangun aspirasinya melalui www.aspirasikita.org/ulasan/index/Warga-Siap-Kawal-9-Janji-Jokowi-JK “Melalui aspirasikita.org, kita ingin membuktikan bahwa publik dapat menentukan sendiri prioritasnya.” pungkasnya.

Untuk informasi lebih jauh, hubungi:
John Muhammad (08151619494), Andaru Pramudito (081511603499), Choky Ramadhan (081808227963). Eryanto Nugroho (081584478814), Resa Temaputra (087877386981)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *