Categories
Weekly News

Toleransi dan Kebebasan Beragama Sebagai Hak Aasasi Manusia

Setiap orang bebas memilih yang terbaik dengan bertanggung jawab dan tulus mengikuti suara hati nurani. Karena, kesetiaan pada nurani melibatkan perlindungan pada kebebasan nurani (freedom of conscience). Yaitu kebebasan dari setiap bentuk pemaksaan, termasuk pemaksaan yang dilakukan atas nama kebenaran yang mapan (estabilished truth), sesuatu yang jelas benar dan baik. Ajaran-ajaran yang disebut “toleransi” ini, berdampak pada penerimaan pluralisme (kemajemukan) itu, tersirat dalam al-Qur’an, “Kalau Tuhan menghendaki, maka semua orang di muka bumi ini akan beriman”.

Hingga setahun berlalu, persebaran COVID-19 masih tinggi, vaksinasi belum merata, dan situasi belum aman bagi warga untuk berkumpul, sekalipun untuk kegiatan keagamaan seperti Shalat Jum’at.

Melihat situasi yang demikian, Yayasan Kebajikan Publik (Hilful Fudhul) kembali mengundang saudara/I untuk mengikuti Shalat Jum’at Virtual ke-2 pada:

  • Hari/Tanggal: Jum’at/26 Maret 2021
  • Pukul: 11.30 – 13.10 WIB
  • Khatib/Imam: Dr. Budhy Munawar Rachman
  • Tema Khutbah: “Toleransi dan Kebebasan Beragama sebagai Hak Asasi Manusia”

Ruang virtual
ID: 819 8753 6801
Passcode: 12345
Link: https://us02web.zoom.us/j/81987536801?pwd=dzlIREdialJlbzBkL1daQU1idm93dz09

Acara ini ditujukan untuk memudahkan warga yang tetap ingin mengikuti Shalat Jum’at namun masjidnya ditutup atau masjid dibuka untuk shalat berjamaah tapi khawatir terkena wabah klaster kegiatan keagamaan.

Jika tertarik, bergabunglah dalam Shalat Jum’at Virtual kami. Khutbah-khutbahnya diharapkan menjadi siraman ruhani melalui wacana pencerahan Islam yang relevan dengan tema-tema saat ini.

Berikut adalah buletin dan materi ceramah shalat jum’at kali ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *