Categories
Opinion

URGENSI MERAWAT KEBANGSAAN

Ada satu nikmat yang tak terasa kita kenyam, yang tanpanya tak mungkin kita hadir di sini. Inilah nikmat ukhuwwah Islamiyyah atau persaudaraan Islam yang diberikan Allah SWT kepada pengikut Rasulullah SAW. Saat kita berkumpul di forum ini, tak ada satu pun orang bertanya siapa kita, apa asal-usul kita, suku apa kita, bangsa apa kita, atau di organisasi apa kita aktif. Semua orang sadar, kita semua adalah saudara. Iman dan Islam telah menyatukan kita, mengikat kita dalam tubuh yang satu, yakni persaudaraan Islam. Sungguh, Allah SWT telah menghiasi jiwa kita dengan nikmat ini dalam-dalam, hingga tanpa terasa, jika kita bertemu Muslim di mana pun kita berada, mereka seolah-olah saudara kita yang lama tak berjumpa. Tanpa sadar kita segera akrab dengan mereka, saling sapa saling merasa bersaudara. Percayalah, semua itu muncul lebih karena kesamaan iman dan Islam yang ada dalam dada kita.

Di atas adalah potongan khutbah Shalat Jumat yang diselenggarakan oleh Majelis Taklim Hilful Fudhul. Shalat ini digagas sebagai respon atas wabah Pandemi yang hingga setahun berlalu, persebaran COVID-19 masih tinggi, vaksinasi belum merata, dan situasi belum aman bagi warga untuk berkumpul, sekalipun untuk kegiatan keagamaan seperti Shalat Jum’at. Melihat situasi yang demikian, kami bermaksud mengundang saudara/I untuk mengikuti Shalat Jum’at Virtual yang dilaksanakan pada:

  • Hari/Tanggal: Jum’at/7 Mei 2021
  • Pukul: 11.45 – 13.15 WIB
  • Khatib/Imam: Ust. H. Helmi Hidayat
  • Tema Khutbah: “Urgensi Merawat Kebangsaan Indonesia”

Ruang virtual
ID: 819 8753 6801
Passcode: 12345
Link: https://us02web.zoom.us/j/81987536801?pwd=dzlIREdialJlbzBkL1daQU1idm93dz09

Shalat Jum’at ini hanyalah ijtihad sementara, diadakan dengan tetap mengikuti ketentuan dan rukun shalat, serta untuk memudahkan warga yang tetap ingin Shalat Jum’at namun tidak dapat ke masjid karena alasan tertentu. Jika tertarik, bergabunglah dalam Shalat Jum’at Virtual kami. Khutbah-khutbahnya diharapkan menjadi siraman ruhani melalui wacana pencerahan Islam yang relevan dengan tema-tema saat ini.

Silakan unduh buletin dan materi ceramah shalat jum’at kali ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *