Categories
Weekly News

Islam dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia

Shalat Jumat Virtual ke-13

Beberapa tahun belakangan ini, sebagaimana dirilis secara rutin oleh The Economist Intelligence Unit, indeks demokrasi berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, mengalami tren penurunan. Khusus Indonesia, sejak 2006 hingga kini, kualitas demokrasi Indonesia di 2020 berada pada posisi paling rendah di angka 6,30 dari skala 0-10. Ini adalah skor terburuk  pasca reformasi. Dan Indonesia secara konsisten pula berada di level flawed democracy (demokrasi cacat), dari 4 kategori: full democracy, flawed democracy, hybrid regime, dan authoritarianism. Dari sisi peringkat, Indonesia belum mampu keluar dari peringkat 60an dari 160an negara yang terindeks. Bahkan, negara kita tercinta ini berada di bawah negara-negera tetangga, seperti Malaysia, Filipina, dan Timor Leste. Kondisi ini tentu amat memilukan.

Di atas adalah potongan khutbah Shalat Jumat yang diselenggarakan oleh Majelis Taklim Hilful Fudhul. Shalat ini digagas sebagai respon atas wabah Pandemi yang hingga setahun berlalu, persebaran COVID-19 masih tinggi, vaksinasi belum merata, dan situasi belum aman bagi warga untuk berkumpul, sekalipun untuk kegiatan keagamaan seperti Shalat Jum’at. Melihat situasi yang demikian, kami bermaksud mengundang saudara/I untuk mengikuti Shalat Jum’at Virtual yang dilaksanakan pada:

  • Hari/Tanggal: Jum’at/28 Mei 2021
  • Pukul: 11.30 – 13.00 WIB
  • Khatib/Imam: Ust. Joko Arizal, M.A. (Dosen Universitas Paramadina)
  • Tema Khutbah: “Islam dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia”

Ruang virtual
ID: 984 0865 5357
Passcode: 12345
Link: https://zoom.us/j/98408655357?pwd=UjIzNVM1cW5rRlFGVHp1ZzliUXdqUT09

Shalat Jum’at ini hanyalah ijtihad sementara, diadakan dengan tetap mengikuti ketentuan dan rukun shalat, serta untuk memudahkan warga yang tetap ingin Shalat Jum’at namun tidak dapat ke masjid karena alasan tertentu. Jika tertarik, bergabunglah dalam Shalat Jum’at Virtual kami. Khutbah-khutbahnya diharapkan menjadi siraman ruhani melalui wacana pencerahan Islam yang relevan dengan tema-tema saat ini.

Silakan unduh buletin dan materi ceramah shalat jum’at kali ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *